Minggu, 19 Februari 2023

KBMN-RESUME 15-TIPS CEPAT MENYUSUN BUKU

 TIPS CEPAT MENYUSUN BUKU 











Gelombang      : 28

Resume           : 15

Tanggal           : Jum'at 10 Pebruari 2023

Tema               : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Judul               : Tips Cepat Menyusun Buku

Narasumber    : Yulius Roma Patandean, S.Pd

Moderator      : Arofiah Afifi, S.Pd


Dalam menulis buku hingga penerbitan buku ada beberapa proses yang harus dilalui. Termasuk memahami sistematika penyusunan buku. Dari pembuatan cover hingga halaman synopsis. 

Menulis dan membaca sudah menjadi sebuah kebutuhan. Sama halnya kita makan dan minum. Bila tidak minum kita merasa haus, bila tidak makan kita merasa lapar. Namun bila kita mempunyai komitmen menulis, maka kumpulan tulisan di blog akan menjelma menjadi buku yang bermutu. Kita mengumpulkan sedikit demi sedikit tulisan yang berserakan di blog sendiri (Om Jay)

Malam ini Bapak Yulius Roma Patandean akan memberikan ilmu dan pengalamannya, dalam judul Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis dengan moderator ibu Arofiah Afifi. Ini menjadi kolaborasi seru antara orang Ciomas Bogor dengan Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. 

Seperti biasa kelas dibagi 4 sesi. (1)Sesi pembukaan dari moderator, (2) Sesi paparan materi, (3) Sesi tanya jawab. dan (4) terakhir sesi penutup.

Manfaat menulis buku adalah: (1) Salah satu sarana untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri atas hasil karya yang telah selesai dibuat. (2) Artinya kita pantas menghargai diri kita sendiri. (3) Sebagai personal branding, sehingga memberi motivasi diri untuk lebih berkarya. (4) Memberi manfaat kepada orang banyak, (5) Sebagai bukti sejarah bawa kita pernah hidup di dunia ini.

Bapak Julius Roma Patandean adalah Seorang penulis terkenal sistematis dan hebat. Seorang penulis dan editor profesional, dengan menyandang kelulusan ujian sertifikasi lewat skema Sertifikasi Penulisan Buku Non Fiksi.

Informasi lengkap mengenai Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd, bisa dilihat pada link, https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html. 

Selanjutnya mari kita cermati paparan materi dari bapak Roma,

Biasanya penulis pemula masih bingung mau melakukan apa saat itu, namun ternyata menulis adalah sesuatu yang membuat ketagihan. Jika senantiasa dibuat maka akan semakin dirindukan. Menulis harus dibiasakan setiap hari. Semua hal bisa jadi bahan tulisan. Apa yang dilihat, apa yang dirasakan, yang sedang dibayangkan, apalagi hal yang sedang dialami, semua bisa dituliskan. Jika khawatir ide di kepala mudah hilang, mari tuliskan ide melalui blog.

Bagaimana dengan penyusunan dan pengeditan naskah buku tersebut? Hal ini, bisa menggunakan versi gratis tanpa aplikasi tambahan yang ada pada Ms Word. Aplikasi yang bisa digunakan agar tulisan naskah buku itu  bisa "sistematis". Ada Zotero dan Mendeley yang populer di kalangan mahasiswa dan akademisi. 

Tutorial dari pak Roma tentang cara membuat tulisan naskah buku sistematis bisa disaksikan di youtube.

Cara membuat daftar isi, kutipan, indek, daftar pustaka otomatis. 

Pada sub bab ini  ada dalam Link Youtube: https://youtu.be/eePQwyHAcjw

Berikut link lengkapnya https://youtu.be/eePQwyHAcjw

1. Biasanya penulisan judul menggunakan tipe huruf Cambria dengan size 17 dan Bold, ukuran kertas A5. Lembar selanjutnya adalah kata pengantar, prakata, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, Bab 1, Bab 2, Indeks tipe huruf Cambria ukuran 10.

2. Blok semua Judul lalu klik heading 1.

3. Untuk Sub Judul agar rapi maka blok pilih home, klik heading 2.

4. Setelah itu merapikan penomoran halaman dengan klik page number,lalu format page number, lalu pilih nomor halaman romawi, klik oke.

5. Lalu klik di halaman Bab 1, pilih page layout, klik breaks, klik next page, agar bisa diganti dengan angka biasa. (untuk bagian 2 sampai 5, agar lebih mendalami dipersilahkan berkunjung ke link berikut ini https://youtu.be/jXPr59aWJSc.

6. Selanjutnya daftar isi, klik References, pilih Table Of Contents, lalu klik Table Of Contents Automatic Table 2. Untuk mengupdate nomor halaman tulisan yang baru, maka klik update table lalu klik update entire table.

7. Pada bagian kutipan maka klik references, lalu klik manage sources stylenya APA fifth edition, klik new, isi bagian yang kosong  lalu klik ok.

8. Bagian daftar pustaka, maka buka references, klik bibliography, dan klik sesuai keinginan.

9. Cara membuat indeks otomatis, maka klik references, pilih kata atau nama orang yang ada di tulisan kita, lalu blok kata tersebut, klik mark entry, mark all, close. Lalu untuk menghilangkan biar rapi, kembali ke home klik tanda disamping bagian AZ. Dan masuk kehalaman indeks, klik insert indeks, klik ok.

Cara membuat indek pada tulisan berbentuk baku, https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

Pada Sub Bab ini pemateri mengirimkan link youtube, https://youtu.be/mS8bfNZT-rA. dengan langkah: (1) Buat halaman berjudul indeks dibagian akhir tulisan. (2) Klik kata yang ingin dipilih dengan memblok kata tersebut. (3) Lalu pilih references, mark entry, current page, klik mark,close.(4) klik insert indeks, format classic, ok.

Cara membuat judul, bab dan sub judul tulisan buku secara otomatis, https://youtu.be/jXPr59aWJSc

Untuk menciptakan kemahiran dalam menulis yang sistematis maka perlu banyak latihan. Bisa diawali dari mencoba mempraktekkan membuat settingan Judul, Bab hingga menyisipkan sumber tulisan menggunakan fasilitas yang ada di Ms Word

Jika masih ragu-ragu, maka bisa dengan mencoba menulis, menyusun dan mengedit naskah buku.  Dengan mencoba, maka akan timbul rasa penasaran untuk menjalaninya. Ada pahit, manis, asam, asin, kecewa dan bahagia kala mencoba. 

"Percobaan mendorong kita untuk berbuat lebih dan dapat menjawab rasa penasaran" 

Pertanyaannya, apakah sekedar selesai mencoba atau mau melanjutkan?

Jika hendak melanjutkan, maka lakukan dengan segera. Praktekkan sekaligus. Melakukan proses lebih dalam menulis membutuhkan dorongan lebih pula. Tidak hanya dorongan untuk membuat tulisan, yang lebih utama adalah niat menghilangkan rasa penasaran di pikiran. Penasaran tentang apa yang akan ditulis, disusun dan diterbitkan.

Ketika menulis harus menjadi sebuah budaya, maka, budayakan! Bersama dengan praktek menyusun dan mengedit naskah, hingga menghasilkan sebuah karya tulisan sederhana, namun ini tidak bisa tercapai dengan maksimal jika didorong oleh paksaan. 

Membudayakan menulis adalah proses menuju karya. Konsisten adalah langkah pamungkas dalam teori menulis, menyusun dan mengedit naskahBudaya menulis yang baik adalah ketika kita menjadi konsisten dalam mempraktekkannya, dan terakhir adalah disimpulkan.

Kita bisa membaca karya orang lain, hal ini bisa dicoba masuk ke pdfdrive. Di sana ada ribuan bahkan jutaan buku-buku online dengan versi Gratis untuk kita gunakan. Pdfdrive adalah perpustakaan portable. 

Pak Roma punya link di : https://www.pdfdrive.com/  Jika menemukan jurnal terkunci, maka kita harus mengikuti petunjuk/anjuran/aturan dari penerbit jurnal tersebut. Biasanya berbayar, makanya tertutup. Bisa juga menggunakan Mendeley dan Zotero.

Aplikasi untuk belajar menulis paling populer di android adalah Wattpadd. Atau bisa juga mencoba Gramedia Writing Project, Writer Tools, Writer Plus, Novelist, dll.

Terakhir adalah motivasi untuk diri dan para penulis pemula yang masih banyak memiliki rasa khawatir, yakin dan harus percaya diri, yakinkan diri pasti bisa

Mulailah apa adanya, yakin bahwa apapun yang dituliskan adalah sebuah pencapaian yang luar biasa dan pasti ada penikmatnya sendiri. 

Tak ada tulisan yang tidak bernilai, hanya menunggu jodohnya untuk dibaca. Tulisan yang paling jelek adalah tulisan yang tidak pernah dibuat. 

Tulis dan rangkailah kata demi kata, kalimat demi kalimat hingga membentuk suatu kisah  panjang yang disebut suatu karya. Mulailah menulis dengan perlahan-lahan dan yakinlah karyamu akan berhasil.

"Jika ditanya, 'Bagaimana kamu menulis? Saya akan menjawab, satu demi satu kata".

(Stefen King)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar